Alasan Mengadopsi Hewan Peliharaan

11 Alasan Mengadopsi Hewan Peliharaan Bisa Menjadi Pilihan Terbaik Untukmu

Kehadiran hewan peliharaan tidak hanya mengisi harimu dengan warna-warna baru, tetapi juga dapat membawa sejuta manfaat baik secara fisik maupun mental. Terlepas dari jenisnya, seekor anjing, kucing, atau bahkan reptil, mengadopsi hewan peliharaan dapat membawa perubahan positif dalam hidup kita.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi alasan-alasan mengapa mengadopsi hewan peliharaan dapat menjadi pilihan baik yang tidak hanya memberikan kebahagiaan pribadi, tetapi juga memiliki dampak positif pada kehidupan kita.

11 Alasan Mengadopsi Hewan Peliharaan Bisa Membawa Dampak Positif

Untuk kamu yang belum pernah adopsi hewan peliharaan, opsi ini bisa dijadikan pilihan jika kamu membutuhkan teman selama di rumah saja. Tahukah kamu bahwa adopsi hewan peliharaan ternyata banyak manfaatnya?

Baca Juga: Ingin Punya Binatang Peliharaan? Ini Dia 7 Tips Memelihara Binatang dengan Baik di Rumah

1. Membangun Hubungan Baik

membangun hubungan baik dengan hewan

Sumber: Pexels

Kalau kamu adalah tipe orang yang bingung untuk membuka percakapan dengan orang lain, jika kamu adopsi hewan peliharaan, kamu akan lebih mudah untuk mengajak bicara orang lain terutama pecinta binatang. Selalu ada topik menarik yang bisa diobrolkan sesama pecinta binatang mengenai hewan peliharaan mereka.

Dengan adopsi hewan peliharaan, kamu juga bisa lebih kenal dengan banyak orang. Kamu bisa bergabung di komunitas pecinta hewan dan berbagi info bersama teman-teman barumu di sana. Seru, kan?

2. Hubungan Dengan Pasangan Semakin Baik

Hubungan Dengan Pasangan Semakin Baik

Sumber: kompas.com

Jika kamu sudah memiliki pasangan, adopsi hewan peliharaan bersama juga akan membuat hubungan kalian menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian dari Psychology Today, adopsi hewan peliharaan bersama dengan pasangan akan membuatmu memiliki tekanan darah yang bagus.

Hal itu bisa berarti adopsi hewan peliharaan bersama pasanganmu bisa membuat kalian lebih bahagia. Hewan peliharaan yang dirawat bersama juga akan membuat hubungan kalian semakin lengket.

Baca juga: Harga Cupang Kalah! Ini Dia 20 Hewan Peliharaan Paling Mahal di Dunia

3. Menyelamatkan Hidup Hewan

menyelamatkan hidup hewan

Sumber: Pexels

Dengan adopsi hewan peliharaan, kamu berarti telah menyelamatkan satu nyawa binatang. Jika kamu perhatikan, banyak sekali hewan-hewan yang dibiarkan liar di jalanan. Hal tersebut menyebabkan hewan-hewan malang tersebut rentan mengalami kekerasan.

Setiap hewan pasti juga memiliki rasa seperti manusia. Rasa sakit saat disakiti dan senang jika dirawat. Dengan adopsi hewan peliharaan dengan baik kamu baru saja menyelamatkan nyawa mereka, dan mereka akan bahagia dan kamu pun akan merasakan hal yang sama.

4. Adopsi Hewan Peliharaan Akan Mengurangi Kesulitanmu

Adopsi Hewan Peliharaan Akan Mengurangi Kesulitanmu

Sumber: imgsrv2.voi.id

Jika kamu pernah mengalami gejala depresi, trauma, atau cemas berlebihan, maka adopt a pet bisa menjadi solusi. Hewan peliharaan dipercaya bisa membantumu melewati masa-masa depresimu.

Bahkan, salah satu stasiun televisi di Amerika Serikat pernah menunjukkan bagaimana anjing bisa membantu veteran perang untuk kembali ke masyarakat setelah perang usai. Hubungan yang murni dan tulus antara hewan peliharaan dan pemiliknya mampu membantu menjaga kesehatan mental sang pemilik.

5. Hewan Peliharaan Mengajarimu Untuk Tidak Egois

Hewan Peliharaan Mengajarimu Untuk Tidak Egois

Sumber: joglosemarnews.com

Sehari-hari mungkin kamu sering terpapar hubungan negatif dengan orang lain yang mau tidak mau akan mempengaruhimu. Namun, dengan adopsi hewan peliharaan, kamu akan belajar tentang arti kesetiaan dan kasih sayang yang sesungguhnya.

Hewan peliharaanmu memang bergantung padamu yang akan merawat dan memberi mereka makan. Namun, untuk masalah kesetiaan, mereka tidak ada tandingannya. Kamu akan menemukan indahnya berbagi dengan hewan peliharaanmu.

Mengutip pepatah Donald L. Hicks, “yang mengajarimu tentang kemanusiaan tidak harus selalu manusia.” Ya, hewan peliharaanmu akan mengajarimu bagaimana menjadi manusia seutuhnya.

Bagi kamu yang memiliki anak atau adik kecil, adopsi hewan peliharaan akan membantu mereka untuk mengembangkan rasa empati dan tanggung jawab sedari dini. Kemampuan-kemampuan tersebut akan sangat berguna saat anak atau adikmu sudah dewasa nanti. Semuanya dimulai dari merawat hewan peliharaan.

Hewan peliharaan juga akan membantu anak atau adik kecilmu mendapatkan dukungan dan hubungan emosional yang unik yang akan menemani masa kecil mereka.

6. Keamanan Terjaga

Keamanan Terjaga

Sumber: sabrered.com

Tidak ada sekuriti yang lebih hebat daripada hewan peliharaan, terutama anjing. Anjing memiliki insting dan penciuman yang lebih tajam dari manusia sehingga mereka akan cepat terjaga jika merasa ada sesuatu yang asing mendekat.

Kamu pun tidak perlu membeli alarm anti maling di rumahmu jika kamu adopsi hewan peliharaan yang handal untuk menjaga rumahmu

7. Teman Olahraga

Teman Olahraga

Sumber: asset-a.grid.id

Khusus untuk kamu yang berat sekali rasanya untuk memulai olahraga, mungkin kamu bisa mulai adopsi hewan peliharaan terlebih dahulu. Salah satu alasan kenapa banyak sekali orang malas berolahraga adalah karena mereka tidak menemukan partner yang menyenangkan untuk olahraga bersama.

Jika kamu adopsi hewan peliharan yang cukup atletis seperti anjing dengan peranakan tertentu, mereka bisa menjadi partner yang asik untuk berolahraga. Ajak hewan peliharaanmu untuk berlari bersama di taman dijamin anjingmu akan senang dan kamu bisa berolahraga dengan optimal.

Baca juga: Bukan Cuma Kamu Aja, Ini Dia 7 Hewan yang Punya Pekerjaan

8. Teman yang Hangat di Malam yang Dingin

Teman yang Hangat di Malam yang Dingin

Sumber: assets.petpintar.com

Bagi kamu yang mengalami kesulitan untuk tidur sendiri, mungkin kamu bisa mulai coba untuk adopsi hewan peliharaan. Kamu bisa mengajak hewan peliharaanmu (kucing atau anjing) untuk tidur bersamamu.

Namun, kamu harus pastikan dulu kalau mereka sudah bersih, ya. Dengan adanya hewan peliharaan di sampingmu saat kamu tidur, tidurmu akan lebih aman, nyaman, dan tenang.

9. Adopsi Hewan Peliharaan Membuatmu Lebih Berenergi

Adopsi Hewan Peliharaan Membuatmu Lebih Berenergi

Sumber: tempo.co

Memiliki hewan peliharaan terbukti akan membuat moodmu sehari-hari akan menjadi lebih baik. Kamu akan memiliki ketertarikan baru yang akan membuatmu selalu semangat setiap hari. Selalu ada hari yang akan ditunggu dan dihabiskan bersama hewan peliharaanmu.

Hewan peliharaanmu yang lucu dan menggemaskan dapat meredakan stres dengan melepaskan hormon endorfin, membuat hidupmu lebih bahagia.

10. Pastikan Kamu Sudah Siap Adopsi Hewan Peliharaan

Pastikan Kamu Sudah Siap Adopsi Hewan Peliharaan

Sumber: purina.co.id

Adopsi hewan peliharaan itu gampang-gampang susah jika dibandingkan dengan membeli hewan. Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum mulai memelihara hewan. Pertama, kamu harus sudah siap secara sumber daya materi dan menjadi loving home.

Hewan peliharaan memerlukan perawatan khusus dan tidak sembarangan. Contohnya, jika kamu mengadopsi seekor anjing dari penampungan hewan, kamu harus mempersiapkan tempat dan makanan yang layak, terlebih jika kamu mengadopsi anak anjing, kamu harus mengetahui betul apa saja yang dibutuhkan dan siap berkomitmen untuk merawatnya dengan penuh kasih sayang.

Selain itu, Kamu perlu siap membagi waktu dan perhatian untuk hewan peliharaan, memperhatikan makanan dan waktu bermain bersama mereka, serta tanggung jawab lainnya.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, semua kewajibanmu akan terbayar dengan rasa bahagia yang akan kamu dapatkan saat memelihara hewan.

11. Meningkatkan Kehidupan Sosial

Meningkatkan Kehidupan Sosial

Sumber: ovrs.com

Adopting a pet memungkinkan sosialisasi dengan orang yang memiliki minat serupa. Berkomunikasi tentang pengalaman merawat hewan, berbagi cerita, dan memberi saran dapat memperkuat ikatan dengan pemilik hewan peliharaan lainnya, menciptakan hubungan yang erat berdasarkan kesamaan minat dan memperluas lingkaran sosial.

Selain itu, Kamu juga telah ikut serta dalam menghentikan aktivitas “Puppy Mills” yaitu tindakan menjadikan hewan sebagai pabrik anak.

Baca Juga: Bermain Sambil Belajar Tentang Hewan di 5 Rekomendasi Kebun Binatang Indonesia Terbaik Ini!

Staycation di Tempat Super Nyaman Juga Merupakan Kebahagiaan Tersendiri

Kebahagiaan bisa kamu dapatkan dari mana saja. Jika sebelumnya Bob telah membahas tentang adopsi hewan peliharaan bisa membuatmu bahagia, ada satu hal lagi, nih, yang bisa bikin kamu merasa bahagia juga yaitu dengan staycation di Bobobox.

Apa istimewanya menginap di Bobobox? Bobobox merupakan hotel kapsul pertama di indonesia dimana setiap podsnya sudah terintegrasi IoT. Kamu juga akan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang tidak kalah seru saat menginap di pods Bobobox yang bernuansa futuristik ini.

Selain itu, pods Bobobox juga terkenal sangat nyaman. Bob jamin kamu akan merasa happy selama staycation di sini. Belum lagi promo-promo Bobobox yang akan membuatmu lebih happy lagi. Promo-promo Bobobox selalu bisa kamu cek di sini, ya.

Selamat menikmati staycationmu di Bobobox.

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Kompas.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles